Tuesday, June 13, 2017

Mengenal Puerto Riko, Negara Yang Menantang Indonesia Malam Ini

Selepas menghadapi Kamboja di stadion Olimpiade, Phnom Penh, Tim Nasional Indonesia yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 dan Sea Games, akan kembali melakoni laga ujicoba melawan Puerto Riko di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.
Sepakbola Puerto Riko sepertinya masih terasa asing di telinga para penikmat sepakbola Indonesia. Mendengar nama negaranya saja tidak pernah, apalagi tahu sepakbolanya. Lalu, bagaimana kekuatan Tim Nasional Puerto Riko sebenarnya?
Sebelumnya perlu diketahui bahwa Puerto Riko merupakan negara persemakmuran dibawah naungan Amerika Serikat yang terletak di Kepulauan Karibia. Berdasarkan letak geografis tersebut, maka Tim Nasional Puerto Riko adalah anggota dari Uni Sepakbola Karibia yang tergabung dalam zona CONCACAF.
Saat ini Tim Nasional Puerto Riko berada di posisi ke-133 dalam ranking FIFA, sementara Tim Nasional Indonesia saat ini ada di posisi ke-175. Tapi walaupun posisi Tim Nasional Puerto Riko jauh lebih baik dibading Tim Nasional Indonesia dalam rangking FIFA, tapi hal itu bukanlah sebuah tolak ukur kekuatan yang sebenarnya.
Sepanjang sejarah, kemenangan terbesar Tim Nasional Puerto Riko yaitu ketika mengoyak gawang St. Martin 9-0 pada 09 September 2012. Sementara kekalahan terbesarnya adalah 0-15 yang harus mereka terima dari Antillen Belanda pada 15 Januari 1959.
Sejak Piala Karibia dihelat pertama kali pada tahun 1989, Prestasi Tim Nasional Puerto Riko di ajang tersebut paling tinggi hanya sampai perempatfinal saja yaitu pada tahun 1993. Kompetisi antar negara Uni Sepakbola Karibia tersebut saat ini didominasi oleh Tim Nasional Trinidad & Tobago dengan 8 kali juara, dan Tim Nasional Jamaika yang sukses menyabet 5 gelar juara Piala Karibia.
Tim Nasional Puerto Riko sendiri dalam lima pertandingan terakhirnya di berbagai ajang selalu menelan kekalahan. Laga ujicoba melawan Tim Nasional Indonesia menjadi pertandingan kedua Tim Nasional Puerto Riko menghadapi tim dari negara Asia. Sebelumny tim asuhan Carlos Cantarero tersebut pernah dikalahkan oleh India 4-1 pada 3 September 2016.
Melihat data kekuatan calon lawannya dalam uji coba tersebut, apakah Tim Nasional Indonesia yang menurunkan para pemain U-22 plus 5 pemain seniornya, mampu membungkam Tim Nasional Puerto Riko? Jawabannya akan tersaji dalam duel uji coba Indonesia vs Puerto Riko di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta pada hari Selasa, tanggal 13 Juni 2017. Pertandingan uji coba tersebut rencananya akan disiarkan langsung oleh RCTI pada pukul 21.30 WIB.