Sunday, July 9, 2017

Rekor-rekor yang tercipta di Piala Dunia 2006

Tak hanya laga-laga menarik dan besar yang tersaji di pagelaran piala dunia 2006 di Jerman ini, berbagai rekor pun tercipta selama pergelaran piala dunia 2006. 

Rekor Tak Terkalahkan Swedia atas Inggris
Di babak grup, Swedia memperpanjang rekor tak terkalahkan atas Timnas Inggris dalam 38 tahun terakhir. Bertemu di partai ketiga grup B, The Three Lions harus puas berbagi angka setelah ditahan imbang Swedia dengan skor 2-2. Inggris sejatinya sempat unggul terlebih dahulu pada menit ke 33 melalui gol indah Joe Cole, tendangan voli kaki kanannya dari jarak jauh mampu menggetarkan jala gawang Swedia, 1-0 Timnas Inggris unggul sementara. Di babak kedua, Swedia berhasil mengejar ketertinggalan di menit 51 melalui penyerang mereka Marcus Allback, mendapatkan umpan melalui sepak pojok pemain bernomor punggung 20 ini menyambut bola dengan kepalanya dan berhasil merubah papan skor menjadi 1-1. Inggris kembali memimpin pada menit ke 84 setelah tandukan Steven Gerrard dalam kotak penalti tak mampu dihalau penjaga gawang Swedia. Kemenangan yang sudah didepan mata harus sirna setelah Henrik Larsson mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di detik-detik terakhir babak kedua. Kurang fokusnya barisan pertahanan Timnas Inggris berakibat gol bagi Swedia dan menutup laga dengan skor imbang 2-2. Hasil ini sekaligus memperpanjang rekor tak terkalahkan Swedia atas timnas Inggris dalam 38 tahun terakhir. 
Rekor 3 Kartu Kuning Seorang Pemain Dalam 1 Laga
Di Grup F laga antara Kroasia melawan Australia mempunyai cerita tersendiri, wasit yang memimpin laga pada saat itu Graham Poll mengeluarkan kartu merah untuk pemain Kroasia, Josip Simunic. Uniknya kartu merah yang didapat pemain Kroasia tersebut setelah mendapatkan 3 kartu kuning, didalam peraturan FIFA pemain yang sudah mendapatkan 2 kartu kuning didalam 1 pertandingan otomatis akan mendapatkan 1 kartu merah. Namun wasit Graham Poll tidak mengeluarkan Josip Simunic saat mendapatkan kartu kuning kedua, uniknya lagi tidak ada satu orang pun pemain Australia yang memprotes atas insiden tersebut.
Rekor Kartu Paling Banyak
Piala dunia 2006 ini juga tercatat sebagai piala dunia dengan hujan kartu paling banyak mematahkan rekor sebelumnya di piala dunia 1998 Prancis. 345 kartu kuning dan 28 kartu merah mewarnai pertandingan-pertandingan keras di kejuaraan piala dunia 2006 ini. Yang paling fenomenal tentu terjadi pada pertandingan babak 16 besar antara Portugal melawan Belanda, tak tanggung-tanggung 16 kartu kuning dan 4 kartu merah dikeluarkan wasit asal Rusia, Valentin Ivanov. Pertandingan keras dan hujan kartu tersebut akhirnya dimenangkan Portugal dengan skor tipis 1-0.
Rekor Negara Eropa Menguasai Semifinal
Di pagelaran piala dunia 2002, babak perempatfinal diisi oleh para tim-tim dari berbagai benua, namun babak perempatfinal piala dunia 2006 ini diisi oleh tim asal Amerika Latin dan Eropa. Tim-tim besar seperti tuan rumah Jerman, Italia, Prancis, Brazil dan Argentina menjadi 5 dari 8 tim  yang berhasil tampil di babak perempatfinal. Bahkan di babak semifinal negara-negara Eropa berhasil menguasai 4 besar di turnamen ini. Namun hal ini bukan kali pertama negara-negara Eropa menguasai babak 4 besar piala dunia, 3 piala dunia sebelumnya juga mempertemukan 4 raja Eropa di semifinal yaitu piala dunia 1934, 1966 dan 1982. 
Rekor Pemain Bertahan Mencetak Gol Pembuka dan Penutup
Dalam piala dunia 2006 ini tercatat gol pertama dan terakhir diciptakan oleh para pemain bertahan, hal ini belum pernah terjadi di piala dunia sebelumnya. Pemain bertahan Jerman, Philipp Lahm membuka gol turnamen piala dunia 2006 saat menghadapi Kosta Rika di partai pembuka, penetrasinya dari sisi kiri penyerangan Jerman mampu mencatatkan namanya menjadi pencetak gol pertama di pagelaran piala dunia 2006. Sementara defender Italia, Marco Materazzi menjadi pemain yang menutup gol di pagelaran piala dunia 2006, menghadapi Prancis di babak final, tandukan pemain Inter Milan ini menjadi gol penutup di pagelaran piala dunia 2006 sekaligus mengantarkan Italia menjuarai piala dunia setelah menekuk Prancis lewat adu penalti dengan skor 5-3.

Itulah rekor-rekor yang tercipta selama pagelaran piala dunia 2006