Thursday, June 1, 2017

Timnas Indonesia Tahan Imbang Ceko 1-1

Timnas U-19 dipastikan akan menghadapi Brasil U-20, Republik Ceko U-21, dan juga Skotlandia U-21 di Turnamen Toulon 2017 yang akan digelar pada 29 Mei hingga 10 Juni 2017.
Turnamen yang terkenal sudah menghasilkan beberapa pemain bintang dalam dunia sepakbola seperti  Zinedine Zidane, David Beckham, Thierry Henry, Cristiano Ronaldo, Frank Lampard, Adriano, Dirk Kuyt, Pablo Aimar, Ever Banega, Ricardo Carvalho, Radamel Falcao dll ini akan diikuti oleh 12 negara yang terbagi dalam 3 grup. 
Berikut ini adalah hasil undian pembagian grup :
Grup A : Inggris, Jepang, Angola, Kuba
Grup B : Prancis, Pantai Gading, Wales, Bahrain
Grup C : Brasil, Republik Ceko, Skotlandia, Indonesia
Pertandingan melawan tim yang sudah punya reputasi bagus di sepakbola dunia seperti Brasil, Ceko dan Skotlandia diharapkan dapat dimanfaatkan punggawa Timnas U-19 untuk menimba pengalaman serta mengukur kekuatan sebelum berlaga di kualifikasi Piala Asia U-20 dan Piala AFF U-19.
Salah satu pertandingan di grup C akan mempertemukan Timnas U-19 vs Republik Ceko U-21. Pertandingan Timnas U-19 vs Ceko sendiri akan digelar pada 3 Juni 2017 di Stade Parsemain. Namun jauh sebelumnya ternyata tim Garuda pernah berhadapan dengan kesebelasan Cekoslovakia dalam sebuah laga persahabatan yang digelar pada tanggal 8 Desember 1974 di Stadion Utama Senayan, Jakarta, dengan hasil akhir 1-1. Sayang sekali sangat sulit untuk menelusuri dokumen serta arsip sejarah sepakbola Indonesia pada masa dulu, sehingga pertandingan-pertandingan tersebut tidak diketahui data-datanya seperti jumlah penonton, susunan pemain, pencetak gol dsb.
Namun catatan sejarah tersebut diharapkan bisa memberikan tambahan motivasi bagi Timnas U-19, bahwa kita mampu mengimbangi tim-tim yang secara tradisi lebih hebat dari timnas kita. Di Turnamen Toulon 2017 ini Timnas U-19 diharapkan bisa mengimbangi para pesaingnya di grup C, mampu memberikan perlawanan, atau bahkan membuat kejutan di turnamen ini. Selain itu, para punggawa Timnas U-19 bisa mendapatkan kesempatan untuk dilirik klub-klub Eropa, karena banyak pemandu bakat yang memantau turnamen ini.