Saturday, June 10, 2017

Sebaiknya Milan Berfikir Ulang Jika Berniat Mendatangkan Morata Ke San Siro

Alvaro Morata menjadi penyerang incaran AC Milan di bursa transfer musim ini. Milan berusaha mendatangkan Alvaro Morata untuk mempertajam barisan penyerangannya yang cuma mencetak 57 gol sepanjang musim lalu, torehan tersebut merupakan yang terendah kedua soal ketajaman di antara tim 10 besar Serie A.
Sepanjang musim 2016/2017, Alvaro Morata tampil tajam bersama Madrid, diturunkan 43 kali di seluruh ajang kompetisi, Morata sukses mencetak 20 gol dan 6 assist. Berkat kontribusinya tersebut, Morata membantu Madrid menjuarai Liga Spanyol dan Liga Champions musim ini. Namun dari 43 kali penampilannya tersebut, Morata hanya 6 kali bermain selama 90 menit. 
Namun berdasarkan catatan sejarah, striker Spanyol tidak ada yang sukses di Milan. Tercatat Javi Moreno, Jose Mari dan Fernando Torres gagal total di Milan.
1. Javi Moreno
Sebelum didatangkan Milan, Javi Moreno adalah pahlawan Deportivo Alaves pada musim 2000/2001. Moreno sukses mencetak 22 gol di La Liga serta berhasil membawa Alaves tampil di partai final Piala UEFA menantang Liverpool. Di partai final tersebut, Alaves kalah dari Liverpool lewat skor 5-4, Namun Moreno sukses mencetak 2 gol hanya dalam waktu 3 menit. Penampilannya tersebut membuat Milan kepincut, dan mendatangkannya ke San Siro menggantikan Oliver Bierhoff yang hengkang. Namun di Milan Moreno kalah bersaing dengan Shevchenko dan Inzaghi. Selama 1 musim membela Milan, striker Spanyol tersebut hanya bisa mencetak 2 gol dari 16 laga. Di akhi musim Milan hanya finis di peringkat ke-6 Serie A serta gagal lolos ke Liga Champions. Akhirnya Moreno dibuang ke Atletico Madrid.
2. Jose Mari
Jose Mari didatangkan Milan saat masih berusia 22 tahun, sebelumnya striker spanyol tersebut tampil apik di Atletico Madrid. Namun penampilannya di San Siro tidak jauh berbeda dengan Moreno. Selama 2,5 musim membela Milan, Jose Mari hanya mencetak 5 gol dari 52 penampilannya. Jose Mari pun akhirnya dipulangkan kembali ke Atletico Madrid.
3. Fernando Torres
Datang ke Milan dengan sederet pengalaman dan gelar (2 kali juara Piala Eropa, 1 kali juara Piala Dunia, dan 1 kali juara Liga Champion), Torres nyatanya gagal bersinar bersama Milan. Dari 10 penampilannya membela il diavolo rosso di Serie A, Torres hanya mencetak 1 gol. Lagi-lagi Milan membuang striker Spanyolnya ke Atletico Masrid.

Menyimak kiprah striker Spanyol di AC Milan, sebaiknya il diavolo rosso berfikir ulang untuk mendaratkan Alvaro Morata ke San Siro.