Sunday, May 14, 2017

Ditantang Real Madrid di Final Liga Champions, Juventus Berharap Siklus 7 Tahunan Terus Berlanjut

Menjelang Final Liga Champions antara Real Madrid vs Juventus yang akan diselenggarakan pada tanggal 4 Juni 2017 di Stadion Millenium Cardiff, Ada fakta menarik dalam sejarah Liga Champions, yakni keberhasilan klub-klub Italia menjuari kompetisi terelite Eropa itu setiap berselang tujuh tahun.
Berikut adalah daftar klub Italia yang menjuarai Liga Champions dalam siklus 7 tahunan :
1. Liga Champions 1989 : AC Milan 
Diawali final Liga Champions tahun 1989 di Camp Nou Barcelona, AC Milan berhasil menjadi Raja Eropa setelah mempecundangi klub Rumania Steaua Bucuresti 4-0 lewat gol Ruud Gullit menit 18 dan 39 serta gol Van Basten di menit 27 dan 47.
2. Liga Champions 1996 : Juventus
Dilanjutkan final Liga Champions tahun 1996 di Stadio Olimpico Roma, Juventus sukses menghentikan perlawanan Ajax Amsterdam lewat adu penalti 4-2 setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal.
3. Liga Champions 2003 : AC Milan
Final Liga Champions tahun 2003 di Old Traford Manchester, siklus 7 tahunan dipastikan terus berlanjut pasalnya 2 klub italia berhasil menciptakan All Italian Final setelah AC Milan dan Juventus sukses menembus partai final. Pertandingan berakhir imbang 0–0 selama 90 menit dan 2 kali perpanjangan waktu, hingga Milan menang atas Juventus lewat adu penalti 3–2
4. Liga Champions 2010 : Inter Milan
Inter Milan melanjutkan siklus 7 tahunan klub Italia pada final Liga Champions tahun 2010 yang berlangsung di Santiago Bernabeu Madrid setelah berhasil mengandaskan perlawanan Bayern Muenchen 2-0. Menjadi lebih istimewa lagi karena Jose Mourinho sukses memberikan raihan trebel winner bagi Inter Milan pada tahun itu.
5. Liga Champions 2017 ?
Tahun ini, satu wakil Italia sudah memastikan diri melangkah ke final. Juventus tinggal selangkah lagi mengulangi prestasinya 21 tahun silam. Si Nyonya Besar memastikan diri tampil di final setelah membungkam AS Monaco pada semifinal dengan agregat 4-1. Pada laga puncak, Juventus akan menantang Real Madrid yang menyingkirkan Atletico Madrid di semi final dengan agregat 4-2.
Jika melihat fakta unik kiprah klub Italia di kompetisi tertinggi antarklub Eropa diatas, Rasanya Juventus layak berharap siklus 7 tahunan tersebut terus berlanjut. Namun, sanggupkah Juve meneruskan tradisi tersebut sekaligus mengulangi pencapaiannya di tahun 1996? Ataukah Real Madrid yang akan menghentikannya? Mari kita lihat dan saksikan final Liga Champions pada 04 Juni 2017.